Mei 30, 2024

Ungkapkriminal.com

Diandalkan dan ditargetkan

JAMBORE SISPALA DKI KE-3 KALI INI BERTAJUK “MEMBANGUN KARAKTER MELALUI ALAM”

Ket Foto : Suasana Terkini Jambore Sispala Dki Ke-3, FASTA ( Forum Alumni Sispala JAkarta) Gelar Jambore Sispala di Kawasan Eko Mangrove Pantai Indah Kapuk

JAKARTA — FASTA (Forum Alumni Sispala Jakarta) Menggelar Jambore Sispala Jakarta Ke – 3, Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28-30 Juli 2023 dengan melibatkan unsur pemerintah, pihak Swasta dan Semua alumni pencinta alam SMA dan SMK se Jakarta. 

Acara yang dibuka secara Resmi oleh Wakil kadis Lingkungan Hidup Jakarta Bpk. Drs. Sarjoko adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat dan positif bagi masa depan anak – anak sesuai dengan tema yang di angkat ” Membangun Karakter Melalui Alam ” Ini bisa di artikan bahwa kita hidup digembleng dan diberikan contoh oleh alam , 

Contoh baik jika kita menjaga dan merawat alam maka kita akan merasakan lingkungan yang bersih, indah dilihat dan nyaman saat di berada di tempat tersebut, tapi kalau kita merusak bahkan memanfaatkan alam untuk hal yang kurang baik maka kita yang akan merasakannya pula kelak, seperti longsor, banjir dan gersang. 

Kegiatan yang dilaksanakan kembali setelah vacum beberapa tahun di akibatkan covid’19 melibatkan hampir 40 sekolah dimana hampir 300 pesertanya meluas sampai ke Jabodetabek, Tambun, Tangerang bahkan Bogor, hal ini dikarenakan memang FASTA pada event kali ini akan berbagi ilmu tentang Mencintai Alam bukan untuk siswa jakarta saja tetapi juga untuk siswa yang berdekatan dengan jakarta. 

Aji Rimbawan juga menyampaikan di sela padatnya kegiatan Jambore ini bahwa kedepannya tidak menutup kemungkinan akan mengadakan dan menambah luas kegiatan ini semisal Jambore Sispala Sepulau Jawa tentunya akan mengevaluasi dari SDM dan lainnya pasca event ini. 

Jambore Sispala Jakarta kali ini sangat banyak materi secara inclass mau praktek yang di berikan. Di hari pertama di berikan ,”

Sesi -I : Peran Kelahiran Remaja Dalam Konteks Pembangunan Manusia oleh BKKBN, 

Sisi-II : Potensi Karir di Kegiatan Wisata Petualang oleh PAGI

Sesi-III : Kebijakan Pemerintah dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda oleh Dinas Pendidikan DKI

Sesi-IV : Sosiologi Pedesaan oleh Reiza dan Vita.

Setelah hari pertama lebih banyak materi inclass  maka dihari yang kedua peserta akan mendapatkan materi diluar kelas. 

Sesi-I : Gerakan Waspada Bencana oleh BPBD

Sesi-II : PPGD oleh dr. Romli

Sesi -III : Orientaring oleh FONi

                Water Resque oleh FAJI

                Snake Handling oleh Tabu Snake

                Kayak oleh Saleh Alatas

Sesi-IV : Tata Kelola Sispala oleh Rudi Becak dan FASTA

Setelah dua hari belajar dan praktek lapangan maka di hari terakhir ini peserta akan melakukan :;

Sesi -I : Pengenalan Olah Raga Air oleh IWS

Sesi-II : Penanaman Mangrove oleh 

              Dailami, DPD RI

              Supo D. Dirjen Renhan Kemhan.

Selesai sudah rangkaian acara dari FASTA dan di tutup dengan Operasi Semut ( bersih-bersih lokasi) yang menjadi kewajiban pencinta alam dalam berkegiatan Sispala Ke – 3 DKI Jakarta.

(Tim/Red)