Mei 30, 2024

Ungkapkriminal.com

Diandalkan dan ditargetkan

Pemdes Pancur Jaya Kembali Salurkan Bantuan BLT Tahap 10 Dan 11 Terhadap KPM

RUPAT – Pemerintah Desa Pancur Jaya kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2022 untuk tahap 10 dan tahap 11. Ada 95 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerima bantuan tersebut. Penyerahan ini berlangsung, Selasa (4/11) diaula kantor desa.

Secara simbolis penyerahan simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2022, Oleh kepala desa bersama Bhabinkantibmas dan Ketua BPD, Serta Penyerahan langsung melalui Kepala Dusun, Ketua RT/RW  kepada 95 KPM BLT DD sebesar Rp.300.000 / Bulan untuk Tahap 10 dan 11 Tahun 2022 di Balai Pertemuan Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Bantuan ini langsung diserahkan oleh Kepala Desa Pancur Jaya, Hasan Basri ST. Usai menyerahkan bantuan tahap 10 dan 11 ini. Kepala desa mengucapkan terima kasih kepada pemanfaat yang sudah menerima BLT ini. Bantuan dana desa (DD) ini bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan Penghapusan Kemiskinan ekstrem, Upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem di desa, ucapnya.

Untuk penerima bantuan di tahun 2023 sesuai dengan Peraturan Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022, Persyaratan bagi penerima Bantuan langsung tunai dana desa harus memiliki criteria sebagai berikut “

Keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan dan di utamakan untuk keluarga miskin ekstrem,

Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun / Kronis.

Keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia,

Keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel

Masih kata Hasan Basri bahwa untuk di tahun 2023 nanti akan ada pengurangan jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Warga penerima Bantuan langsung tunai harus sesuai dengan criteria tersebut, jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas, Serda Wondo Susiso, Pendamping Pembangunan Herlina, Pendamping Ekonomi Hindama, Perangkat Desa, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, bersama Seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT DD).

Harapan kepada pemanfaat agar dana yang sudah diterima bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, harap kepala desa. (*)